Kamis, 14 Oktober 2010

Lowongan Calon Karyawan TELKOM

Lowongan REKRUTMENT CALON KARYAWAN TELKOM 2010 Lowongan Pekerjaan Terbaru 2010 bulan Maret. REKRUTMENT CALON KARYAWAN TELKOM 2010Program Co-op (Cooperative Academic Education) TELKOM Group 2010 adalah program belajar bekerja terpadu yang dilaksanakan PT. TELKOM bersama Anak Perusahaan (PT. Telkomsel dan PT. Infomedia) yang bekerja sama dengan Dunia Pendidikan guna mewujudkan suasana sinergis antara lembaga pendidikan, penelitian serta riset dan dunia Industri.
Adapun keuntungan dari program ini bagi Mahasiswa diantaranya adalah tercatat pada daftar alumni Co-op TelkomGroup yang akan dimanfaatkan sebagai database rekrutment calon karyawan. Disamping itu, Mahasiswa juga akan mendapatkan honorarium dan sertifikat Co-op.
Pelaksaan Co-op sendiri akan diselenggarakan selama 3 bulan, mulai dari 1 Juni 2010 hingga 31 Agustus 2010.
Syarat umum bagi Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini adalah Mahasiswa Program S1 minimal telah menempuh Semester VII atau telah menyelesaikan minimal 110 SKS dari total SKS pada jurusan : Teknik Elektro, Teknik Tel, Tek. Informatika, Tek. Industri, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Ilmu Komunikasi dan Psikologi. Bersedia magang secara full time di Unit-unit Bisnis Telkom dan Group serta UMKM Binaan, untuk masa 3 bulan (Juni – Agustus 2010 ).
Selain itu Mahasiswa tersebut mempunyai prestasi akademik yang tinggi serta prestasi ekstra kurikuler lainnya, mempunyai kemampuan berbahasa Inggris. Adapun batas usia maksimal adalah 25 tahun saat seleksi serta berbadan sehat dan berkelakuan baik.
Untuk persyaratan khusus ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi sebelum data diserahkan ke Telkom melalui DPPK untuk proses seleksi.
Metode seleksi pada program ini dilakukan dalam 2 tahap. Tahap I, seleksi administrasi oleh perguruan tinggi (26 Maret 2010). Tahap II, seleksi tertulis dan wawancara oleh TELKOM dan DPPK (April – Mei 2010). Untuk melihat daftar perguruan tinggi Co-op silahkan unduh disini.

http://lowongan-kerja1.co.cc/lowongan-rekrutment-calon-karyawan-telkom-2010-lowongan-pekerjaan-terbaru-2010.html

Sabtu, 09 Oktober 2010

Proses Pelayanan harus direncanakan

TAHAP PERENCANAAN PROGRAM PELAYANAN

A. Penetapan tujuan pelayanan

B. Penetapan Jenis Pelayanan yang dibutuhkan.

C. Penetapan potensi dan sumber-sumber yang dibutuhkan

D. Penetapan waktu pelaksanaan rencana program pelayanan sosial lanjut usia dan keluarganya.

* Dilakukan oleh :

    * Pekerja sosial fungsional
    * Seksi Rehabilitasi sosial


TAHAP PELAKSANAAN

   1. Bimbingan fisik dan kesehatan.
   2. Bimbingan mental dan psikososial.
   3. Bimbingan keterampilan.
   4. Rekreasi
   5. Permakanan
   6. Pemakaman
   7. Pengasramaan.

* Dilakukan oleh :

    * Pekerja sosial fungsional
    * Seksi rehabilitasi sosial
    * Sub bagian Tata Usaha


TAHAP PASCA PELAYANAN

A. Evaluasi

B. Terminasi dan Rujukan.

C. Pembinaan Lanjut.

* Dilakukan oleh :

    * Pekerja sosial fungsional
    * Seksi Rehabilitasi sosial
    * Seksi program dan advokasi sosial.











http://yanrehsos.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=410

Proses pelayanan KTP yang berbelit-belit

Seandainya Jaya Suprana bersama MURI nya berminat,barangkali lamanya pengurusan perpanjangan KTP saya,layak untuk dimasukkan dalam salah satu rekor yang dikelola MURI.Sejak saya mulai memasukkan perpanjangan KTP pada bulan November lalu ,baru diawal Januari ini saya benar-benar melihat secara utuh sebuah KTP dengan nama saya tertera di dalamnya.2 bulan sudah saya menunggu sebuah pengesahan identitas saya sebagai warga Tangerang dengan bolak balik ke kantor kelurahan.Awalnya karena blangko KTP di Kabupaten Tangerang habis maka dijanjikan satu bulan berikutnya.Satu bulan berikutnya hingga ke satu bulan berikutnya,sampai hitungan bulan itu mencapai angka 2.

Dan ketika KTP itu sudah berada di tangan saya,
"Maaf,tapi fotonya tertukar,"kata petugas kelurahan.
"Kok bisa begitu?",tanya saya.
"Banyak kok yang tertukar,ada 72 KTP yang tertukar fotonya,"jawab si petugas kelurahan seolah meminta pembenaran,"Anda sebaiknya ke kantor kecamatan saja,foto sekalian di sana dan langsung ditunggu".
Saya sudah tak bersemangat lagi mendengar penjelasan petugas kelurahan yang panjang lebar.Entah saya memang terlalu sabar atau malah pasrah,yang jelas saya tak melontarkan sepatah kata protes pun.Ternyata penantian saya terhadap KTP ini belum juga berakhir.Padahal untuk bisa datang ke kelurahan konsekwensi yang harus dibayar adalah terlambat masuk kantor untuk beberapa jam.Dan tak mungkin rasanya saya pergi ke kecamatan,karena dengan demikian saya harus bolos kerja untuk hari itu juga.Setelah saya perhatikan bukan hanya foto yang tertera saja yang salah,namun alamat yang tertera pun terdapat kesalahan ketik.

Konon keberhasilan sebuah pelayanan publik bisa diilihat dari indikator sebagai berikut antara lain : kecepatan pelayanan,keterjangkauan biaya,kemudahan masyarakat dalam mengaksesnya dan tentu saja kepuasan masyarakat atas pelayanan publik tadi.Maka dilihat dari indikator tadi,proses  perpanjangan KTP Tangerang belumlah layak disebut ideal.Dari kecepatan pelayanan misalnya ,jelas tidak memenuhi syarat,lha wong saya mesti 2 bulan menunggunya.Dilihat dari kemudahan mengaksesnya,kalau ini relatif,bisa dianggap mudah dengan mengorbankan sedikit waktu,bisa juga dianggap hal yang menyusahkan kalau kita mesti bolak-balik ke kantor kelurahan untuk mengurusnya.Dari keterjangkauan biaya,saya tidak tahu berapa tarif resmi perpanjangan KTP,yang jelas saya memang mengeluarkan sejumlah uang untuk perpanjangan KTP tersebut.Kemudian dilihat dari kepuasan masyarakat,yang jelas saya tidak merasa puas.Disamping lamanya proses waktu perpanjangan,juga KTP yang saya terima bukan menggunakan foto diri saya.

Rasanya,perpanjangan KTP jauh lebih mudah ketika KTP masih berformat lama.Ketika itu perpanjangan KTP cukup dengan membawa foto diri,surat pengantar dari RT,Kartu Keluarga dan tentu saja KTP yang lama.Sembari berangkat kerja saya bisa mampir ke kantor kelurahan.Setelah menyerahkan syarat-syarat itu,maka hanya memakan waktu sekitar satu minggu KTP pun jadi.Lagi-lagi sembari berangkat kerja,saya mampir ke kantor kelurahan untuk mengambilnya tanpa perlu mengorbankan waktu bekerja.Setalah KTP berformat nasional,kenapa malah ruwet dan menjadi ribet mengurusnya?. 
http://birulangit.net/Sekitar-kita/Sekita-kita/ktp-tangerangpanjangnya-proses-pelayanan-publik.html

Perbaikan proses Pelayanan

Proses perbaikan organisasi Baldridge dimulai dengan komitmen kepemimpinan, yang membutuhkan kemitraan diantara dokter dan pimpinan rumah sakit menurut Shashi Maddok asisten wakil presiden RWJ Hamilton. Bidang keluaran kualitas untuk menterjemahkan komitmen menjadi aksi, RWJ Hamilton memperkaya proses perencanaan strategiknya dengan mengadopsi “ Goal Deployment Process” yang digunakan sejak 2001 oleh pemenang Baldrige award, Clarke Amarican Checks inc. Proses Clarke meliputi identifikasi jangka panjang, “ merubah tujuan bisnis “ yang memerlukan perbaikan performan dramatis sejalan dengan tujuan jangka pendek “ jalankan bisnis untuk memperbaiki operasi harian dan mencapai tujuan jangka panjang.

Hasil 1. Pencapaian standar pelayanan dan komitmen/kesepakatan karyawan
Hasil 2. Memperbaiki keselamatan pasien


 Hasil : RWJ Hamilton mengalami peningkatan dlm market share dan BOR, dr 70% di tahun 99 menjadi 85% pd th 03. Dg perincian:
1. Kepuasan pasien pada rawat inap meningkat dari 70% pada tahun 99 menjadi lebih dari 90% pada tahun 04, menempatkan RWJ Hamilton dalam peringkat 10 besar dalam peringkat RS.
2. Kepuasan karyawan meningkat dalam beberapa hal di tahun 99-03. kepuasan dalam partisipasi dalam penentuan keputusan dari 40%-90%. Kepuasan terhadap kepemimpinan meningkat dari 90%-100%. Kepuasan dalam pengenalan thdp karyawan meningkat dr 70%-97%.
3. Perawat yang tetap bertahan bekerja meningkat dr 94% th 01 menjadi 98% pada tahun 03. karyawan lain yang tetap bertahan juga meningkat dari 80% - 96% dalam waktu yang sama.
4. Penurunan terhadap infeksi nosokomial sejak tahun 2000, misalnya, penyakit pneumonia yang berhubungan terhadap ventilator menurun dari 10 per 1000 menjadi 2 per 1000 pada tahun 2004. kepatuhan karyawan terhadap pelaksanaan protap berperan sebesar 93% dalam menghindarkan kesalahan medikasi sblm mereka menangani pasien
Sebagai hasil dari perkembangan ini dan juga peningkatan dibidang lain, angka kematian pasien RS menurun secara umum, sebagai contoh, kematian pasien dengan gagal jantung congestiv menurun dari 8 % pada tahun 1999 menjadi 2,5 % di tahun 2003.

Pelajaran yang bisa diambil
Kepemimpinan yang bervisi jelas merupakan kunci sukses RS Hamilton. Mereka secara lengkap menerapkan budaya yang mereka sebut sebagai pelayanan prima, (kata Madok). Hal tersebut telah berjalan di setiap level organisasi. Dan merupakan visi dari atasan. Mereka tetap melakukan hal ini sampai sekarang sebagai kompensasi lingkungan yang memburuk.

Model Baldrige mengutamakan kepentingan kastemer sebagai contoh: orang-orang yang dilayani oleh suatu organisasi dimana RS RWJ mengikutsertakan pasien pekerja dan seluruh komunitas. (kata madok): anda selalu memerlukan input dari konsumen sejak awal, saat anda merencanakan strategi. Team pemeriksa curie menemukan bahwa RS RWJ adalah RS yang fokus pada pasien dalam hal pelayanan konsumen. Hal ini tidak hanya untuk mendapatakan tingkat kepuasan pasien yang tinggi. Ini lebih mengarah kepada cara mereka mendesain sistem, proses, pelayanan dan fasilitas yang berlaku. Sebagai contoh Curie mengagumi taman penyembuhan di RS hamilton dimana pasien dapat menerima chemoterapi dalam suasana yang tenang dan menyenangkan dari pada berada di kursi pasien dalam ruangan Rs.

“Para karyawan adalah asset kita. Kami selalu mendengar pendapat karyawan kami dan kebutuhan mereka dan improvisasi apa yang mereka kerjakan menuju perbaikan dan improvisasi apa untuk meningkatkan produktivitas,” Kata Madhok. Seperti halnya, manajemen rumah sakit menyadari bahwa dalam pasien care hanya bisa dicapai melalui teamwork yang efektif dan sebuah partnership dengan para dokter beserta staf medikalnya.
Implikasi
Criteria baldrige menawarkan pendekatan yang seimbang untuk menerima keseluruhan pelayanan prima dalam setiap organisasi, kata Madok. Penerapan kriteria baldrige meningkatkan self assessment dalam suatu organisasi.evaluasi external dan feedback dari para pengamat dapat digunakan untuk membangun dasar internal untuk pengembangan dan penciptaan kesempatan yang berharga untuk proses LO. 



http://www.kebijakankesehatan.co.cc/2010/02/studi-kasus-mencapai-pelayanan-prima.html

Proses Pelayanan Pernikahan





1. Ke Kantor Desa/ Kelurahan
Untuk mendapatkan :
a. Surat keterangan untuk nikah (model N1).
b. Surat keterangan asal-usul (model N2).
c. Surat keterangan orang tua (model N4).
d. Surat keterangan ke Puskesmas untuk imunisasi TT.

2. Ke Puskesmas
Untuk :
a. Imunisasi TT I bagi calon pengantin wanita
b. Imunisasi TT II dapat diperoleh dimana saja dengan menunjukkan kartu/bukti imunisasi TT I

Ke Kantor Urusan Agama
Untuk :
a. Memberitahukan kehendak nikah
b. Pemeriksaan nikah
c. Membayar biaya pencatatan nikah di BRI/BNI 46 atau di Kantor Pos sebesar Rp. 30.000,-
d. Pengumuman kehendak nikah
e. Mengikuti penataran calon pengantin dan penasehatan oleh BP4 dalam masa 10 hari sebelum nikah
f. Pencatatan nikah

4. Pelaksanaan Nikah
Untuk :
a. Upacara akad nikah dilaksanakan di Balai Nikah (KUA) Kecamatan
b. Atas permintaan bersangkutan upacara akad nikah dapat dilakukan di luar Balai Nikah
c. Memperoleh Kutipan Akta Nikah (model NA)



http://ryotahiro.blogsome.com/2010/01/14/proses-pelayanan-pencacatan-nikah/

Operasi pelayanan IBM Credit

Proses pelayanan dari tahap satu hingga tahap lima menghabiskan waktu rata-rata selama enam hari. Hal ini dianggap terlalu lama. Bahkan bisa terjadi permintaan hilang selama proses. Upaya perbaikan telah dilakukan dengan desain ulang proses pelayanan, dengan menambahkan penempatan bagian kontrol. Masalah hilangnya permintaan pesanan dapat diselesaikan, tetapi berakibat penambahan waktu pelayanan pesanan.
Hal ini tidak memuaskan manajer senior IBM Credit Sorporation. Yang dibutuhkan adalah bagaimana mengejar kecepatan dan ketepatan pelayanan pesanan. Untuk mengatasinya perlu untuk melakukan desain ulang proses pelayanan pesanan sehingga produktivitas meningkat dengan kecepatan dan ketepatan prosesnya.
Dari latar belakang tersebut permasalahan yang muncul diantaranya adalah: Apa sebenarnya inti masalah yang dihadapi oleh IBM Credit? Bagaimana solusi terbaik (konsep dasar desain ulang) untuk mengatasi masalah tersebut? Dan apa implikasi dari solusi tersebut?
Struktur pasar saat ini terus berubah. Dengan hilangnya hambatan perdagangan, persaingan lebih diintensifkan untuk mewaspadai pesaing. Pasar didorong oleh pelanggan karena banyaknya pemasok. Kebutuhan dan selera pelanggan mengalami perubahan terus-menerus, sifat perubahan juga telah berubah menjadi lebih luas. Berdasarkan prinsip pembagian kerja yang membagi proses ke dalam tugas-tugas yang kecil dan jelas, struktur bisnis klasik tidak lagi cocok di dunia di mana persaingan, pelanggan dan fleksibilitas perubahan permintaan yang membutuhkan respon cepat.
IBM Credit menjadi contoh untuk menunjukkan usaha pemenuhan pesanan. Dimulai ketika seorang pelanggan melakukan pesanan dan berakhir pada saat barang diserahkan. Proses ini biasanya melibatkan langkah-langkah yang dilakukan oleh orang yang berbeda di departemen yang berbeda. Tidak ada layanan pelanggan dan tidak ada fleksibilitas untuk menanggapi permintaan khusus. Tidak ada yang bertanggung jawab atas seluruh proses dan dapat menyampaikan kepada pelanggan jika order akan tiba. Selain itu, perintah yang melintasi departemen yang berbeda membuat proses rawan akan kesalahan dan keterlambatan penyelesaian.
Gagasan rekayasa ulang proses bisnis diharapkan bisa menyelesaikan masalah. Reengineering adalah pemikiran ulang secara fundamental dan disain ulang yang radikal proses bisnis untuk mencapai perbaikan yang kritikal seperti biaya, kualitas, pelayanan, dan kecepatan.
Inti masalah
Masalah utama yang dihadapi oleh IBM Credit adalah tuntutan peningkatan produktivitas yang diukur dengan kecepatan dan ketepatan layanan. Beberapa cara telah diterapkan untuk meningkatkannya, tetapi tidak cukup membantu. Bahkan, ketika menempatkan bagian kontrol, antara kecepatan dan ketepatan  justru berbanding terbalik. IBM Credit melakukan rekayasa ulang departemen-departemen tetapi tanpa mengubah struktur prosesnya.
Konsep dasar desain ulang
Operasi pelayanan IBM Credit sebelumnya terdiri dari lima langkah sebagai berikut:
(1)   Ketika perwakilan penjualan IBM menerima permintaan untuk pembiayaan, salah satu operator di kantor pusat menuliskan permintaan pada sehelai kertas.
(2)   Permintaan itu kemudian dikirim ke bagian kredit di mana terdapat spesialis yang memeriksa kelayakan kredit peminjam potensial, menulis hasil pada secarik kertas dan dikirim ke link berikutnya dalam rantai saluran.
(3)   Departemen praktek bisnis bertugas memodifikasi perjanjian pinjaman standar dalam menanggapi permintaan pelanggan. Istilah-istilah khusus untuk bentuk permintaan akan terhubung dengan permintaan jika diperlukan.
(4)   Selanjutnya, permintaan menuju ke departemen harga di mana sebuah pricer menentukan tingkat bunga yang sesuai untuk pelanggan.
(5)   Akhirnya, bagian administrasi menyerahkan semua informasi ini ke dalam surat kutipan yang dapat disampaikan kepada perwakilan penjualan lapangan.
Seluruh proses ini memakan waktu rata-rata enam hari. Dari sudut pandang sales representative, turnaround ini terlalu lama dan pelanggan dapat tergoda oleh vendor komputer lain. Untuk meningkatkan proses ini, IBM Kredit sebenarnya telah mencoba beberapa perbaikan dengan menambahkan penempatan bagian kontrol. Masalah hilangnya permintaan pesanan dapat diselesaikan, tetapi berakibat penambahan waktu pelayanan pesanan.
Mengganti spesialis dengan generalis
Melakukan perekayasaan ulang tanpa mengubah secara radikal struktur prosesnya tentu tidak menyelesaikan masalah, karena masalahnya bukan terletak pada tugas dan orang-orang melakukannya, tetapi dalam struktur proses itu sendiri.
Langkah radikal perlu dilakukan. Faktor utama yang menyebabkan waktu pelayanan yang lama dan bias informasi adalah banyaknya saluran departemen. Maka, IBM Credit perlu untuk mengganti spesialis-spesialis seperti pengecek kredit, pricers dan sebagainya dengan seorang generalis atau bisa disebut deal structurers. Generalis tersebut melakukan seluruh proses permintaan dari awal sampai akhir. Dengan kata lain, tidak ada pengiriman informasi ke banyak departemen. Tetapi bagaimana caranya satu generalis dapat menggantikan empat spesialis?
Desain proses yang lama itu, pada kenyataannya terdapat asumsi bahwa setiap tawaran permintaan adalah unik dan sulit untuk diproses, sehingga membutuhkan intervensi dari empat spesialis yang sangat terlatih. Kenyataannya, asumsi ini salah. Permintaan yang ada kebanyakan justru yang  sederhana dan mudah, seperti mencari nilai kredit dalam database, memasukkan angka ke dalam model standar, atau menarik klausa dari sebuah file. Tugas-tugas ini mampu dilakukan oleh satu individu ketika ia didukung oleh sistem komputer yang mudah digunakan.
IBM Credit perlu membangun sebuah komputer baru yang canggih untuk mendukung generalis. Dalam banyak situasi, sistem memberikan bimbingan dan data ke generalis. Dalam situasi yang benar-benar sulit, dia bisa mendapatkan bantuan dari spesialis yang ditugaskan untuk bekerja di tim yang sama.



http://gadingmahendradata.wordpress.com/2010/05/18/desain-ulang-proses-pelayanan-pelanggan-ibm-credit-company/

Pelayanan Prima

Pelayanan adalah proses membantu orang lain dengan cara-cara tertentu dimana sensitivitas dan kemampuan interpersonal dibutuhkan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas yang ditentukan oleh keakraban, kehangatan, penghargaan, kedermawanan, dan kejujuran yang dilakukan oleh penyedia jasa. Sebuah budaya yang kuat, yang mewarnai sifat hubungan perusahaan dengan pelanggannya merupakan identitas yang sangat baik dalam memenangkan perhatian pelanggan pengguna produk.

Budaya dibentuk dari kumpulan sikap setiap karyawan dan manajemen dari suatu perusahaan. Bila setiap orang yang bekerja di perusahaan itu mengutamakan kepuasan pelanggan, tanpa mengabaikan citra perusahaan yang bersangkutan, maka secara kolektif akan tampil sebuah lembaga dengan budaya yang mengutamakan kepuasan pelanggan, dan akan maju karenanya. Apa yang bisa membuat pelayanan menjadi spesial? Berikut adalah hal-hal yang bisa membuat pelayanan menjadi spesial yang diambil dari akronim SERVICE.
1. Smile for everyone, senyum adalah simbol universal dari keramahtamahan.
2. Eye contact that shows we care, kontak mata akan memperlihatkan ketulusan dan ketertarikan kita kepada pelanggan.
3. Reaching out to everyone with hospitality, berinteraksi dengan keramahtamahan akan membantu mengembangkan repeat business.
4. Viewing each customer as special, perlakukan setiap pelanggan sebagai tamu yang diundang ke rumah, sehingga pelanggan akan merasakan suatu nilai dari setiap rupiah yang dikeluarkannya.
5. Inviting customer to return with a sincere, kata magis yang kita berikan akan mendorong pelanggan untuk kembali dan menyampaikan kepada orang-orang terdekat tentang keramahtamahan perusahaan.
6. Creating a warm atmosphere of hospitality, kepedulian kepada pelanggan akan menimbulkan suasana yang hangat dan nayaman.
7. Excellence in everything we do, mempertahankan sikap ini merupakan asset untuk mengembangkan sikap profesional.

Keuntungan penerapan budaya pelayanan prima bagi perusahaan di antaranya adalah pelanggan mampu membedakan pelayanan perusahaan dengan kompetitor, meningkatkan produktivitas, menghargai loyalitas pelanggan, menciptakan promosi dari mulut ke mulut dan mengedepankan win-win solution dalam menangani semua masalah. Untuk menjaga kesinambungan budaya pelayanan prima diperlukan perhatian dari setiap individu terhadap kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki kompetensi yang diperlukan, memberikan respon yang cepat, aksesibilitas yang mudah, integritas, konsistensi, dan sopan santun.


http://www.google.co.id/search?hl=id&client=firefox-a&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&channel=s&biw=1440&bih=715&q=proses+pelayanan+yang+prima&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai= 

Keluhan pemakai operator

Saya adalah pelanggan setia XL pasca bayar untuk nomor 081807039619. Dua minggu yang lalu saat saya dirawat di rumah sakit suami saya menggunakan nomor XL saya untuk online. Akibat terlalu "termakan" oleh iklan XL yang selalu menyatakan internet murah suami saya memutuskan menggunakan kartu saya untuk online. Karena ketidaktahuan kami tiba-tiba dalam bulan ini tagihan saya menjadi bengkak 400 ribuan yang ternyata 75% akibat biaya GPRS. 

Hari Jumat, 23 Juli 2010 saya mencoba telepon ke Customer Service dan bicara dengan Sdr Bondan. Maksud saya ingin meminta penjelasan dan bertanya bagaimana solusi untuk masalah tagihan yang membengkak tersebut. Tapi, ternyata perlakuan Sdr Bondan benar-benar di luar dugaan. Bukannya member kami solusi malah mengecewakan. Ketika saya bicara untuk tidak lagi memakai jasa XL dengan mudahnya dia berkata, "terserah saya". 

Beginikah caranya XL memperlakukan customer pascabayarnya yang selalu setia membayar tagihan setiap bulan. Saya sungguh kecewa dengan pelayanan XL kali ini. Di saat saya sebagai customer merasa membutuhkan bantuan dari Customer Service justru malah kekecewaan yang kami dapatkan. 

Saya hanya membutuhkan penjelasan dan mungkin penyelesaian akibat ketidaktahuan kami ini. Mengapa kami sebagai customer loyal disia-siakan oleh provider yang selalu mengaku paling murah tersebut. Terima kasih atas perhatiannya.



http://suarapembaca.detik.com/read/2010/07/24/154610/1405861/283/customer-service-xl-menyiakan-pelanggan-setia

Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan

Proses pemberian layanan pelanggan yang ekselen (excellent customer service), maka terdapat lima elemen kunci yang layak diperhatikan. Kelima elemen kunci itu adalah sebagai berikut.
Elemen 1 : Reliabilitas
Aspek ini mencerminkan kemampuan untuk memberikan apa yang dijanjikan – dengan andal dan tepat serta akurat. Sebagai misal apakah ketika kita berlanggan akses internet cepat Speedy, mereka mampu memberikan layanan sesuai dengan yang diiklankan – yakni cepat, dan koneksi tidak pernah putus.
Untuk mampu memberikan reliabilitas maka langkah yang harus dilakukan adalah : 1) pastikan bahwa anda telah mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan benar; 2) janjikan hanya apa yang dapat anda berikan dan 3) tindak lanjuti untuk memastikan bahwa produk dan service telah diberikan sesuai dengan janji. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang menarik tentang customer service, silakan klik DISINI ).
Elemen 2 : Assurance
Aspek ini mencerminkan kemampuan untuk memberikan sesuatu yang dapat dipercaya (terjamin keandalannya). Strategi tindakan untuk mengembangkan assurance adalah : berikan layanan yang asertif dengan menggunakan teknik komunikasi yang positif dan menjelaskan produk dan service secara tepat
Elemen 3 : Tangibel
Aspek ini berkaitan dengan aspek fasilitas fisik/peralatan serta penampilan personal dari penyedia layanan. Strategi tindakan yang layak dilakukan antara lain adalah menjaga ruang kerja – apalagi yang langsung berhadapan dengan pelanggan — agar tetap rapi. Lalu susunlah barang-barang dengan teratur serta berperilaku dan berpakaian secara profesional
Elemen 4 : Empati.
Aspek ini berkaitan dengan tingkat kepedulian dan perhatian individu yang diberikan kepada pelanggan. Strategi tindakan yang dapat dilakukan antara lain adalah 1)mendengarkan secara aktif pesan yang disampaikan pelanggan; 2) menempatkan diri anda dalam posisi mereka dan 3) merespon secara tepat guna menjawab keinginan yang menjadi perhatian mereka
Elemen 5 : Responsif
Aspek ini mencerminkan kemampuan untuk membantu pelanggan dan memberikan layanan yang cepat/responsif. Agar mampu bersikpa responsif, maka kita perlu menampilkan sikap positif atau “can-do attitude” ; serta mengambil langkah dengan segera untuk membantu pelanggan, dan memenuhi kebutuhan mereka.


http://rajapresentasi.com/2009/04/lima-aspek-kunci-dalam-pelayanan-pelanggan-customer-service/

Pelayanan yang harus ditingkatkan!

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Tengah meminta kenaikan tarif dasar listrik (TDL) 15 persen mulai Juli 2010, hendaknya harus diikuti perbaikan kualitas layanan.

"Jangan pemerintah hanya menginginkan pengurangan subsidi listrik, sementara mengabaikan kualitas pelayanan pasokan daya listrik kepada masyarakat dan dunia usaha," kata Achrul Udaya, pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulteng, Kamis (11/3).

Pemerintah menaikkan TDL guna mengurangi subsidi kepada PLN, tapi yang merasakan dampaknya adalah masyarakat dan kalangan pelaku usaha di daerah-daerah, termasuk di Sulteng.

Menurutnya, kenaikan TDL seyogyanya dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan agar masyarakat merasa puas dengan kinerja PLN selaku perusahaan pengelola listrik nasional.

Sepanjang kualitas pelayanan berjalan dengan baik dan memuaskan bagi masyarakat, kebijakan pemerintah menaikkan TDL tidak menjadi masalah. "Tapi jika TDL dinaikan dan sistem pelayanan pasokan daya listrik tidak berjalan normal sesuai yang diharapkan, otomatis memberatkan dan merugikan masyarakat dan dunia usaha," katanya.

Selama ini, masyarakat dan kalangan pelaku bisnis di daerah, khususnya di Sulteng belum menikmati sistem pelayanan yang bagus dari PLN. Justru pasokan daya listrik di Kabupaten/Kota di Sulteng tidak normal.

Ia mengakui, kondisi kelistrikan di wilayah Sulteng, termasuk di ibu kota Provinsi selama beberapa bulan terakhir ini bukan semakin lebih baik, tetapi sebaliknya.

Listrik saat ini kebanyakan padam, ketimbang hidup. "Kondisi ini sangat berdampak besar terhadap kegiatan masyarakat dan kalangan dunia usaha," ujarnya.

"Terus terang, saya selaku pelaku usaha sangat merasakan dampak dari krisis listrik yang melanda kota Palu. Akibat kondisi listrik yang sering padam, kegiatan usaha tidak berjalan maksimal."

Karena selama ini masyarakat dan juga kalangan usaha masih sangat bergantung pada pasokan daya listrik PLN. Jika listrik padam, otomatis usaha juga tidak jalan dan sebaliknya.

Sementara alternatif lain yang bisa disiasati saat listrik padam, dengan menggunakan mesin genset, tetapi resikonya biaya operasional akan lebih mahal.

Karenanya, jika kebijakan kenaikan TDL sudah diberlakukan, paling tidak kualitas pelayanan pasokan daya listrik dari PLN pada rumah tangga dan dunia usaha di daerah-daerah akan semakin bagus.

"Ini harapan dari masyarakat dan kalangan pelaku usaha di daerah-daerah," katanya.

Hal senada juga disampaikan, Yanes, seorang pengusaha di kota itu. Ia berharap kenaikkan TDL akan dibarengi perbaikan mutu pelayanan.

Masyarakat dan kalangan pelaku usaha berharap PLN akan meningkatkan kualitas pelayanan, menyangkut pasokan daya listrik dan juga sistem pencatatan meteran KWh yang selama ini banyak terjadi kekeliruan sangat merugikan.

Selain rencana pemerintah menaikan TDL pada Juli 2010, sejak awal Maret 2010, PLN Cabang Palu juga telah menaikkan biaya keterlambatan (BK) rekening listrik untuk semua daya.

BK daya listrik untuk 400KV naik dari Rp3.000 menjadi Rp5.000 dan daya 900 KV dari Rp3.000 menjadi Rp10.000, serta daya 1.300 menjadi Rp15.000.

http://www.google.co.id/search?hl=id&client=firefox-a&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&channel=s&biw=1440&bih=715&q=customer+service+xl&aq=0&aqi=g10&aql=&oq=customer+servi&gs_rfai=

Kecewa karena layanan delivery..

Hokben delivery.. Mengecewakan..

Ya, langsung aja..
gw hari ini pulang malem kuliah, laper banget ( baru makan 1x sehari ). Sampe rumah, ada inisiatif mesen hokben via online di web ini

http://www.hokahokab.ento.co.id/

udah pesen, mba dari delivery centernya telpon buat konfirmasi pesenan alamat sama biaya yg msti dibayar. Gw pesen itu dari jam 20:20 ( mbanya bilang jam segitu ), dan diperkirakan sampenya itu jam 20:50, oke gw tunggu biasa sambil ngaskus

nggak taunya nunggu sampe jam sgitu blm ada, ya gw maklum uda biasa kayak gitu. sampe akhirnya jam 22:00 gw tungguin blm ada juga. wah uda laper banget ( lagi ngidam hokben siiy ). Akhirnya gw coba telpon ke call centernya lagi.

nggak taunya pas nyambung ( nadanya kek gini klw ga salah )
Quote:
Selamat datang di layanan hoka delivery, layanan ini bisa dihubungi pada pukul ... hingga pukul 21:00


LAH, gimana siii ini, terus pesenan gw gimana dong..

duuh jadi kecewa sama pelayanan hokben deliverynya nih, kalau misalnya nggak bisa anter, kenapa nggak ada telpon lagi ( ya 10 mnt setelah konfirm bisa tlpon ), malah nggak ada kabar sama sekali gini. Parahhhh

Gw yakin kaskuser pasti banyak juga yang suka hokben, biarpun makan hokben jarang2.. jadi sbaiknya hokben prlu ningkatin pelayanannya lagi dong biar jadi lebih baik, khususnya di delivery ini..  
 
 
http://archive.kaskus.us/thread/1939405
 

Penolakan Outsourcing

Puluhan Karyawan Indofood spontan melakukan aksi unjuk rasa di halaman kantor mereka di Kampung Jarakosta Desa Suka Danau Kecamatan Cikarang Barat. Para karyawan menuntut pihak perusahaan agar menghapus kerja sistem kontrak atau outsourcing dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, Jumat, (16/7).
Akibat aksi tersebut jalan raya yang menuju perusahaan  sempat mengalami kemacetan. Dijaga puluhan petugas polisi dari Polsek Cibitung. Dalam orasinya karyawan serempak berteriak menolak adanya kerja sistem kontrak.
Salah seorang kordinator aksi demo, Nurali (30) mengatakan, bahwa aksi demo
yang dilakukan untuk menolak kerja sistem kontrak yang ditawarkan pihak perusahaan, karena dianggap merugikan para karyawan.

"Selain itu, masa kerja yang dijalankan para teman karyawan, sudah hampir puluhan tahun, tapi tidak pernah ada pengangkatan, nasib kami seakan-akan digantung perusahaan," kata dia.

Sampai berita ini diturunkan, aksi unjuk rasa puluhan karyawan Indofood masih terus berlangsung, para karyawan akan terus berunjuk rasa sampai tuntutannya terpenuhi.



http://www.klikm.net/read/700/puluhan-karyawan-indofood-demo-tolak-outsourcing

Info Lowongan Hokben

Human Resources Division
PT Eka Bogainti (Hoka Hoka Bento)
Jl Raya Poncol no 2 Ciracas Jakarta Timur 13740
email: recruit@hokahokabento.co.id
PO BOX 8352 JKT 12083


http://lowongantoday.com/lowongan-pekerjaan-pt-eka-bogainti-hoka-hoka-bento.html

Seleksi Karyawan Bank Mandiri

Bank Mandiri saat ini mempekerjakan 21.079 karyawan dengan 926 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 2.662 ATM, disamping 6.131 ATM yang merupakan jaringan LINK (jaringan ATM Bersama), dan electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.
Sejak berdirinya, Bank Mandiri telah bekerja keras untuk menciptakan tim manajemen yang kuat dan professional yang bekerja berlandaskan pada prinsip-prinsip good corporate governance yang telah diakui secara internasional. AsiaMoney magazine memberikan penghargaan atas komitmen kami atas penerapan GCG dengan memberikan Corporate Governance Award untuk katagori Best Overall for Corporate Governance in Indonesia dan Best for Disclosure and transparency.
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mengundang Anda untuk mengikuti seleksi dengan syarat sebagai berikut:


  • Pendidikan Minimum S1
  • Universitas Terakreditasi
  • IPK Minimum 2.75
  • Usia Maksimum Pada Saat Seleksi Awal 24.00 Tahun
  • Berpenampilan Menarik
  • Mampu mengoperasikan komputer minimal program MS Office
  • Belum Menikah
  • Pengalaman Kerja Tidak Diutamakan

http://lowonganpegawaicpns.com/lowongan-pegawai-bumn-bank-mandiri-supporting-staff-2.html

Lowongan Calon Karyawan TELKOM

Lowongan REKRUTMENT CALON KARYAWAN TELKOM 2010 Lowongan Pekerjaan Terbaru 2010 bulan Maret. REKRUTMENT CALON KARYAWAN TELKOM 2010Program Co-op (Cooperative Academic Education) TELKOM Group 2010 adalah program belajar bekerja terpadu yang dilaksanakan PT. TELKOM bersama Anak Perusahaan (PT. Telkomsel dan PT. Infomedia) yang bekerja sama dengan Dunia Pendidikan guna mewujudkan suasana sinergis antara lembaga pendidikan, penelitian serta riset dan dunia Industri.
Adapun keuntungan dari program ini bagi Mahasiswa diantaranya adalah tercatat pada daftar alumni Co-op TelkomGroup yang akan dimanfaatkan sebagai database rekrutment calon karyawan. Disamping itu, Mahasiswa juga akan mendapatkan honorarium dan sertifikat Co-op.
Pelaksaan Co-op sendiri akan diselenggarakan selama 3 bulan, mulai dari 1 Juni 2010 hingga 31 Agustus 2010.
Syarat umum bagi Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini adalah Mahasiswa Program S1 minimal telah menempuh Semester VII atau telah menyelesaikan minimal 110 SKS dari total SKS pada jurusan : Teknik Elektro, Teknik Tel, Tek. Informatika, Tek. Industri, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Ilmu Komunikasi dan Psikologi. Bersedia magang secara full time di Unit-unit Bisnis Telkom dan Group serta UMKM Binaan, untuk masa 3 bulan (Juni – Agustus 2010 ).
Selain itu Mahasiswa tersebut mempunyai prestasi akademik yang tinggi serta prestasi ekstra kurikuler lainnya, mempunyai kemampuan berbahasa Inggris. Adapun batas usia maksimal adalah 25 tahun saat seleksi serta berbadan sehat dan berkelakuan baik.
Untuk persyaratan khusus ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi sebelum data diserahkan ke Telkom melalui DPPK untuk proses seleksi.
Metode seleksi pada program ini dilakukan dalam 2 tahap. Tahap I, seleksi administrasi oleh perguruan tinggi (26 Maret 2010). Tahap II, seleksi tertulis dan wawancara oleh TELKOM dan DPPK (April – Mei 2010). Untuk melihat daftar perguruan tinggi Co-op silahkan unduh disini.


http://lowongan-kerja1.co.cc/lowongan-rekrutment-calon-karyawan-telkom-2010-lowongan-pekerjaan-terbaru-2010.html

Pabrik Kelapa Sawit mini Ekonomis!

Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) biasanya memerlukan investasi sangat tinggi, dan hanya perusahaan dengan struktur modal yang kuat dapat membangunnya. PKS mini hasil inovasi dapat mengatasi kendala modal tersebut, dengan kemampuan hingga 5 ton Tandan Buah Segar (TBS)/jam.
Proses pengolahan kelapa sawit pada PKS ini merupakan proses kontinu yang sederhana, dengan peralatan yang mudah dalam pengoperasian dan perawatannya. Selain itu, bahan bakar PKS ini berasal dari serabut dan cangkang sawit yang umumnya menjadi limbah dari PKS.
PKS ini dikembangkan dalam satu sistem peralatan yang terintegrasi dengan desain yang mempertimbangkan kelayakan teknis dan ekonomis.

http://www.bic.web.id/in/lain-lain/345-pabrik-kelapa-sawit-mini-ekonomis.html

Pabrik Gula Mikro

GULA SEBAGAI INDUSTRI RUMAH TANGGA

Beberapa referensi mendifinisikan kapasitas pabrik gula kecil dalam kisaran 10 sd 50 ton tebu perhari umumnya dengan teknologi open pan , lepas dari pro dan kontra soal efisiensi pabrik gula kecil/ mini yang jelas defacto sangatlah banyak kendala untuk membangun pabrik gula besar, apalagi yang dinyatakan efisien harus diatas 10.000 ton tebu perhari.

Pabrik gula kecil pada ambang bawah kapasitas dibawah ini barangkali merupakan percontohan bahwa kedepan industri gula dapat dijadikan industri rumah tangga, rumah tangga dengan 3 anak dengan 3 keponakan dan 3 tetangga yang tidak mudah untuk menjadi PNS, tidak mudah untuk dapat belajar di perguruan tinggi negeri dan barangkali terkena PHK sangat berpeluang utnuk mengelola industri gula skala rumah tangga ini. Apalagi dikawasan remote area diluar Jawa yang tersedia lahan yang lebih dari cukup, dengan hanya perlu lahan tanaman beberapa puluh ha dan lahan emplasemen satu dua ha tentu bukan menjadi masalah, meskipun dengan infra strukture yang sangat terbatas.


Swa sembada beras dicapai karena tanaman padi dikelola dan diproses oleh petani pada skala kecil, rice mill unit rata rata berkapasitas 1 ton gabah perjam dan barang kali belum ada rice mill dengan kapasitas 500 ton gabah perjam. satu inspirasi dan mimpi barang kali swasembada gula juga akan dicapai kalau industri gula dijadikan industri kecil/ industri rumah tangga.


Mikro mill ini direncanakan dapat dioperasikan dengan bahan baku tebu, batang sweet sorghum mapun nira dala palmae (kelapa, aren, siwalan dll) untuk menghasilkan baik gula cair, gula cetak , gula semut maupun gula putih  yang sehat tanpa belerang (sulphur free sugar) dengan tetap mempertahankan kesederhanaan dan memenuhi kriteria ekonomis.

http://pabrikgulamini.blogspot.com/

Perencanaan Tata Letak Pabrik

Tata Letak Proses (Process Layout) Tata letak berdasarkan proses, sering dikenal dengan process atau functional layout, adalah metode pengaturan dan penempatan stasiun kerja berdasarkan kesamaan tipe atau fungsinya. Mesin-mesin yang digunakan tata letak proses berfungsi umum (general purpose). Tata letak proses umumnya digunakan untuk industri manufaktur yang bekerja dengan volume produksi yang relatif kecil dan jenis produk yang tidak standar (Wignjosoebroto, 2000). Keuntungan dari penggunaan tata letak proses yaitu:

Total investasi yang rendah untuk pembelian mesin dan peralatan produksi lainnya.
  1. Fleksibilitas tenaga kerja dan fasilitas produksi besar dan sanggup mengerjakan berbagai macam jenis dan model produk.
  2. Kemungkinan adanya aktivitas pengawasan yang lebih baik dan efisien melalui spesialisasi pekerjaan.
  3. Pengendalian dan pengawasan lebih mudah dan baik terutama untuk pekerjaan yang sukar dan butuh ketelitian tinggi.
  4. Mudah untuk mengatasi breakdown dari mesin, yaitu dengan cara memindahkan prosesnya ke mesin lain tanpa banyak menimbukan hambatan yang signifikan.

Keterbatasan dari tata letak proses antara lain:

  1. Ketidakefisienan dalam proses disebabkan oleh adanya backtracking.
  2. Adanya kesulitan dalam menyeimbangkan kerja dari setiap fasilitas produksi yang akan memerlukan penambahan ruang untuk work-in-process storage.
  3. Adanya kesulitan dalm perencanaan dan pengendalian produksi.
  4. Operator harus memiliki keahlian yang tinggi untuk menangani berbagai macam aktivitas produksi.
  5. Produkstivitas yang rendah disebabkan setiap pekerjaan yang berbeda, masing-masing memerlukan setup dan pelatihan operator yang berbeda.

Berikut akan diberikan gambar yang mengilustarsikan sebuah tata letak proses.


Gambar 1. Contoh tata letak proses (Wignjosoebroto, 2000)
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=670%3Atataletak&option=com_content&Itemid=15

Pabrik Skin Care

GUNA memberikan apresiasi khususnya kepada kaum wanita, Unilever membuka pabrik skin care terbesar se-Asia setelah melewati tujuh bulan tahap pembangunan.

Pabrik yang mengambil lokasi di Kawasan Industri Jababeka, Jalan Jababeka 5 Nomor 14-16 Blok U, Jababeka Cikarang-Bekasi ini didesain dengan luas area 10 ha, dengan 22.500 m2 luas bangunan.

Acara peresmian pembukaan pabrik Unilever ini dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Fahmi Idris yang ditandai dengan menekan tombol sirine dan penandatanganan plakat. Kehadiran Fahmi dalam acara tersebut mewakili Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

"Pabrik Unilever ini harus terus dikembangkan untuk pengoptimalan devisa dan penyerapan tenaga kerja serta harus terus dikembangkan di iklim usaha yang kondusif. Karena Indonesia sekarang sedang menghadapi 2 tantangan besar, yaitu masuknya produk China baik yang legal atau tidak dan persaingan usaha yang sangat ketat. Namun Unilever terus berkembang, hal tersebut merupakan bukti bahwa Indonesia adalah tempat yang menarik dan menguntungkan untuk kapabilitas nasional yang meningkat," ucap Fahmi saat peresmian pembukaan pabrik Unilever, Rabu (3/12/2008).

Saat ditanya mengenai pembangunan pabrik skin care Unilever, Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Maurits Lalisang memberikan penjelasannya.

"Meningkatnya pertumbuhan bisnis skin care tidak bisa lepas dari peran serta kaum perempuan, baik itu konsumen, tenaga riset pemasar, hingga pekerja pabrik. Oleh karena itu pabrik ini juga dibangun sebagai bentuk komitmen kami terhadap peningkatan kualitas hidup perempuan. Pembangunan pabrik berkapasitas 53.00 ton/tahun telah menelan investasi awal sebesar 500 miliar tak lepas dari bisnis skin care yang berkembang pesat," ungkapnya.

Acara semakin menarik dengan kehadiran bintang tamu yang merupakan brand ambassador dari berbagai produk Unilever, seperti Krisdayanti untuk produk Sunsilk, Dewi Sandra mewakili Vasselin, pembawa acara Maudy Koesnaedy untuk Rumah Cantik Citra, dan penyanyi pria ternama Ari Lasso.

Acara dilanjutkan dengan tur mengelilingi pabrik Unilever. Adapun tempat pertama yang dikunjungi adalah Market Pabrik yang di dalamnya dilengkapi Factory Miniature. Sehingga pengunjung dapat melihat gambar bangunan serta lahan luas di sekeliling pabrik.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Viewing Gallery, yaitu melihat lokasi produksi produk Unilever yang terdiri dari tiga sisi berbeda. Di sisi kanan khusus untuk pembuatan produk Pond's dan Dove, di sisi tengah sebagai area pembuatan produk Citra dan Lifebouy, sedangkan di sisi kiri merupakan tempat memproduki sabun cair dalam bentuk kemasan atau sachet.

Tetap ingin memberikan kenyamanan bagi para pengunjung pabrik skin care, Unilever pun mengusung Brand Experience. Di mana masyarakat dapat memeriksakan kesehatan kulitnya dan mengenal seluruh manfaat serta varian produk Pond's, Vaselin, serta dapat berelaksasi di Rumah Cantik Citra.
 
 http://lifestyle.okezone.com/read/2008/12/03/29/170371/pabrik-unilever-terbesar-se-asia-resmi-dibuka

Gudang Indofood

Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin (www.indofood.com). Di Yogyakarta agen-agen Indofood juga bekerjasama dalam menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo (warung yang menyediakan bubur kacang hijau dan mie instan/mie goreng sebagai menu utama).

http://haryadhaagustian.wordpress.com/2009/05/31/strategi-indomie-merajai-pasar-mie-instant/

Promosi Product Yamaha

Sukses memasarkan produk adalah melalui promosi. Ini pula dilakukan Yamaha. Untuk memikat pembeli sekaligus memperkenalkan produk terbarunya, Yamaha menggelar beragam kegiatan di Lampung Selatan, 26-27 Mei kemarin.
Antara lain jalan sehat, pemilihan raja dan ratu Yamaha, kontes free style, modifikasi, lomba bakiak, basket game, foto Keluaga Mio dan lomba mewarnai .
Acara berlangsung di lapangan Raden Intan, Kalianda ini benar-benar heboh. Pasalnya, Yamaha menyediakan banyak hadiah menarik.
“Seperti sepeda motor Fi One. Hadiah ini diberikan untuk pemenang utama jalan sehat. Motor ini diraih Amin warga Kalianda,” ujar Bagian Promosi Yamaha, Henri Fantra.
Henri menjelaskan acara ini dimaksudkan sebagai ajang silahturahmi sekaligus mempromosikan produk Yamaha.
“Semua kegiatan gratis. Kami bersyukur karena jumlah peserta cukup banyak. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih baik lagi,” kata Henri didampingi Ketua Panitia Gunawan.
Henri menambahkan acara ini di selenggarakan dalam rangka promosi produk Yamaha terbaru yakni Yamaha V Ixian 150 cc.
Dijelaskan, keuggulannya Yamaha Ixian adalah menggunakan teknologi komputer dengan harga penjualan Rp18 juta. Sementara dalam penjualan hari pertama kemarin, Yamaha mampu memasarkan sebanyak 65 unit.
“Ini dipengaruhi banyak pula peserta yang ikut. Untuk jalan sehat mencapai 6 ribu orang, peserta raja dan ratu Yamaha peserta 35 orang, lomba mewarnai 400 anak-anak dari TK di Kalianda, free style 10 regu, fun game 27 peserta, dan 500 untuk servis gratis,” pungkasnya seraya mengatakan jumlah peserta melampui target awal. 


http://www.radarkotabumi.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=2&artid=76

Promosi Product Aqua

Strategi pemasaran awal tidak ditujukan di Indonesia. Tirto bertujuan membentuk sebuah pasar kecil yang menyediakan air minum dan es bagi orang-orang asing di Jakarta. Sangat mengejutkan, tes pemasaran AQUA di terminal-terminal bus besar di Jakarta dan sepanjang jalan pantura Jawa mengungkapkan bahwa orang-orang Indonesia memiliki kemauan untuk membeli air kemasan botol. Berita tentang AQUA menyebar dari kota-kota besar ke desa-desa kecil di pedalaman. Tetapi harapan konsumen harus dipertimbangkan. Meskipun AQUA mengandung bahan-bahan yang sehat, itu pada dasarnya bukanlah apa-apa kecuali hanya air dalam kemasan botol. Itu bukan karbonasi atau rasa. Akan tetapi, sejak awal AQUA umumnya diebut “Air Mineral AQUA“. Orang-orang Indoneia tidak tahu apa yang diharapkan. Pada sampel promosi penjualan awalnya AQUA diberikan kepada para pengunjung bioskop. Tirto mendengar seorang perempuan tua mengatakan “Bagaimana ini bisa tidak memiliki rasa ? Ini hanya air biasa. AQUA perlu citra yang lebih baik daripada sekedar “air biasa.”
Untuk mengkilapkan citra AQUA Tirto mencoba sloga bersih, bening, dan bebas bakteri untuk empat tahun yang pertama. Penjualan masih berkisar di bawah dua juta liter per tahun. Pada tahun 1979 Tirto mengubah slogan tersebut secara permanen menjadi air sehat setiap saat, pendekatan yang lebih klinis. Ini berhasil. Slogan yang baru, bersama dengan pengenalan wadah plastik yang baru pula, menekan penjualan AQUA menjadi lebih dari 12 juta liter pada tahun 1983.
AQUA menggunakan semua media untuk iklan. Bus, taksi, TV, radio, surat kabar, dan majalah membawa logo dan slogan AQUA berwarna biru yang berbeda. Dalam menjaga image yang sehat dan kuat ini, AQUA secara aktif mendukung event-event atletik internasional seperti olahraga lintasan dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat. Pada maraton populer dan lari 10.000 meter truk-truk AQUA memberikan shower air bersih kepada para pelari yang lelah.
Layanan adalah sangat penting dalam bisnis air. Ada pusat-pusat distribusi AQUA di seluruh Indonesia yang dioperasikan oleh PT Wirabuana Intren, distribusi tunggal produk AQUA. Truk-truk AQUA yang ada di mana-mana memastikan pengiriman ke outlet-outlet eceran dan perusahaan-perusahaan yang menyediakan dispenser air AQUA untuk para pekerjanya. Maskapai penerbangan yang utama seperti Garuda Indonesia, maskapai penerbangan nasional Indonesia, menawarkan AQUA kepada para penumpangnya. Para penumpang ini membutuhkan layanan yang dapat dipercaya.
AQUA kemudian memperluas kegiatan pemasarannya hingga ke pulau-pulau terluar Indonesia. Untuk mengurangi biaya transportasi, berbagai fasilitas produksi yang dioperasikan oleh pemberi lisensi yang memproduksi air pada spesifikasi AQUA telah dibuka baru-baru ini di Manado, Sulawesi Utara, dan Medan, Sumatra Utara. Meski demikian, hampir dua pertiga penjualan AQUA masih di seputar daerah Jakarta, dengan disuplai oleh 5 fasilitas produksi yang berlokasi di Jawa Barat yang mewakili 65% jumlah total kapasitas AQUA .

 http://andyku.wordpress.com/2008/06/19/aqua-kekuatan-yang-patut-diperhitungkan/

Promosi Product Rexona

Tampil segar dan percaya diri menjadi nilai plus penampilan hampir tiap perempuan pada umumnya.

Atas dasar inilah, Rexona, brand deodoran produksi PT Unilever Indonesia Tbk., menggelar kampanye nasional bertajuk ‘Sejuta Kesan Rexona Dryness Challenge’ yang bertujuan untuk mengumpulkan kesan perempuan Indonesia mengenai kesegaran dan kepercayaan diri sepanjang hari.

Salah satu aktifitas yang digelar dalam rangka kampanye nasional tersebut, Rexona menggelar acara talk show dan kegiatan menarik lainnnya di Margo City Mall, Depok selama 2 (dua) hari dari tanggal 5 – 6 Juni 2010.

Berkesempatan hadir pada acara tersebut adalah Satria Utama, Senior Brand Manager Rexona, Dr. Hanny Nilasari, SpKK (Dermatologist) dan juga Carissa Putri, Brand Ambassador Rexona.

“Beragam profesi digeluti perempuan Indonesia masa kini, mulai dari pekerjaan behind the desk, hingga out door. Perubahan yang semakin dinamis, menuntut mereka semakin aktif. Dengan segala kegiatannya yang super sibuk, terkadang mereka tidak menaruh perhatian khusus pada masalah keringat. Latar belakang inilah yang mendorong kami untuk terus melakukan edukasi kepada perempuan Indonesia agar lebih percaya diri dalam beraktivitas lewat kesegaran tubuhnya, salah satunya dengan kampanye Sejuta Kesan Rexona Dryness Challenges." papar Satria Utama, Senior Brand Manager Rexona.

http://www.rileks.com/community/artikelmu/ceremonia/35215-tampil-segar-dan-full-pd-dengan-rexona-dryness-challenge.html

Promosi Product Ponds

Strategi
marketing yang dilakukan PT. Unilever
Indonesia dalam produk Pond’s dengan
menciptakan problem recognition pada
pangsa pasar Indonesia khususnya
segmen remaja putri. Melalui hasil
survei yang dilakukan oleh Spire
Research & Consulting yang dilakukan
pada tahun 2007, menunjukan bahwa
remaja berusia 13-18 tahun memang
mengetahui dan menyukai produk
Pond’s. Informasi yang diperoleh dari
survei yang dilakukan terhadap 1,000
orang remaja putri tesebut memaparkan
bahwa 40% menyatakan mengetahui
tentang produk Pond’s dan sebanyak
18% menyatakan menyukai merek
Pond’s. Menanggapi hasil survei
tersebut manajemen Unilever Indonesia
mengungkapkan sesungguhnya formula
Pond’s (pembersih dan pelembab)
memang tepat untuk karakter kulit
remaja di Indonesia yang merupakan
daerah tropis, sehingga cenderung
berminyak.
    Melalui strategi promosinya Pond’s
mencoba mengaktifkan pengenalan
masalah kepada remaja putri mengenai
pentingnya menjaga dan merawat
kecantikan kulit sejak dini. Karena
dengan berawal dari memiliki kulit yang
cantik, dianggap akan menambah rasa
percaya diri remaja sehingga mereka
merasa bahwa eksistensi mereka diakui,
contohnya seperti diterima dan lebih
percaya diri dalam pergaulan, lebih
optimis dalam mencapai prestasi
gemilang, serta yang paling indah di
masa remaja adalah dapat menarik
perhatian lawan jenis dan mendapatkan
cinta. Cerita cinta (romance) adalah  strategi
marketing yang dilakukan PT. Unilever
Indonesia dalam produk Pond’s dengan
menciptakan problem recognition pada
pangsa pasar Indonesia khususnya
segmen remaja putri. Melalui hasil
survei yang dilakukan oleh Spire
Research & Consulting yang dilakukan
pada tahun 2007, menunjukan bahwa
remaja berusia 13-18 tahun memang
mengetahui dan menyukai produk
Pond’s. Informasi yang diperoleh dari
survei yang dilakukan terhadap 1,000
orang remaja putri tesebut memaparkan
bahwa 40% menyatakan mengetahui
tentang produk Pond’s dan sebanyak
18% menyatakan menyukai merek
Pond’s. Menanggapi hasil survei
tersebut manajemen Unilever Indonesia
mengungkapkan sesungguhnya formula
Pond’s (pembersih dan pelembab)
memang tepat untuk karakter kulit
remaja di Indonesia yang merupakan
daerah tropis, sehingga cenderung
berminyak.
    Melalui strategi promosinya Pond’s
mencoba mengaktifkan pengenalan
masalah kepada remaja putri mengenai
pentingnya menjaga dan merawat
kecantikan kulit sejak dini. Karena
dengan berawal dari memiliki kulit yang
cantik, dianggap akan menambah rasa
percaya diri remaja sehingga mereka
merasa bahwa eksistensi mereka diakui,
contohnya seperti diterima dan lebih
percaya diri dalam pergaulan, lebih
optimis dalam mencapai prestasi
gemilang, serta yang paling indah di
masa remaja adalah dapat menarik
perhatian lawan jenis dan mendapatkan
cinta. Cerita cinta (romance) adalah topik yang sangat relevan dalam
kehidupan remaja. Karena itu, apabila
diperhatikan dengan seksama di iklan-
iklan Pond’s ada sisipan pesan
emosional yang berhubungan dengan
romantika atau cinta agar menjadi lebih
relevan terhadap audience-nya yang
memang merupakan remaja.
    Secara positioning Pond’s (pembersih
dan pelembab) berada pada target
market remaja putri yang belum
independent secara income, sehingga
harganya pun mempunyai range yang
pas terhadap setiap income level (mass
maupun semi-premium). Dalam artikel
disebutkan bahwa kunci sukses Unilever
Indonesia pada setiap produknya adalah
selalu berpicu kembali terhadap
kebutuhan konsumen, dan up date
dengan cara-cara baru dalam menggapai
konsumen.


http://www.scribd.com/doc/29213039/Marketing-Pond-s

Promosi Indomie

  • Tagline: Indomie Seleraku
  • Iklan      : billboard, iklan TV, sponsor acara
  • Event    : Indomie menggelar ajang membuat lagu ”jingle” untuk pelajar SMA, acara tersebut berjudul Jingle Dare, yang berlangsung pada 24 April 2008.
  • Pembuatan Shop Sign (Spanduk Nama Burjo dengan tema Indomie untuk setiap Burjo di Yogyakarta)
Ditinjau dari aspek product life-cycle, Indomie saat ini berada pada posisi mature, sudah stabil, memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merek mie instan. Pada tahap ini Indomie tidak boleh lengah, dalam artian Indomie masih tetap harus mengadakan promosi untuk me-remind customer bahwa Indomie masih exsist, dan selalu berinovasi untuk merejuvenasi produk maupun strategi promosinya. Indomie sempat direbut pangsa pasarnya oleh Mie Sedaap (muncul tahun 2003) sehingga pangsa pasar Indomie menurun, meskipun masih tetap menguasai sebagian besar pasar. Sejak saat itu, menyadari bahwa Mie Sedaap merupakan pesaing yang cukup kuat, Indomie mulai “bangkit dari tidur panjangnya”, Indomie mulai gencar beriklan lagi. Indomie menggunakan endorser artis terkenal seperti 3 Diva, Gita Gutawa, maupun non artis seperti remaja/pelajar. Indomie semakin mengukuhkan bahwa dia masih menjadi mie instan nomor satu di Indonesia. Indomie juga mengadakan acara ”Indomie Jingle Dare” untuk para pelajar SMA yang bertujuan untuk lebih memodernisasi Jingle-nya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan brand awareness remaja/pelajar mengenai produk Indomie. Indomie melihat remaja/pelajar sebagai customer masa depan, jadi sejak sekarang Indomie mulai memberikan semacam ”edukasi” mengenai Indomie.
Di Yogyakarta, terdapat banyak sekali warung yang menyediakan menu mie instan (disebut Burjo). Untuk membangun relationship dengan Burjo (meskipun tidak semua Burjo), agen-agen Indofood menyalurkan langsung Indomie kepada Burjo. Selain itu untuk memelihara eksistensinya, Indomie juga beriklan dengan cara membuatkan spanduk bertema Indomie yang berisikan nama Burjo (shop sign). Sehingga pada benak konsumen tertanam bahwa Burjo hanya menjual produk Indomie. Hal ini juga merupakan bagian dari marketing mix Indomie.


http://haryadhaagustian.wordpress.com/2009/05/31/strategi-indomie-merajai-pasar-mie-instant/